Analisis Iklan 2

Latar Belakang

Para ilmuan memperkirakan bahwa selama pemanasan global, daerah bagian Utara dari belahan Bumi Utara (Northern Hemisphere) akan memanas lebih dari daerah-daerah lain di Bumi. Akibatnya, gunung-gunung es akan mencair dan daratan akan mengecil. Akan lebih sedikit es yang terapung di perairan Utara tersebut. Daerah-daerah yang sebelumnya mengalami salju ringan, mungkin tidak akan mengalaminya lagi. Pada pegunungan di daerah subtropis, bagian yang ditutupi salju akan semakin sedikit serta akan lebih cepat mencair. Musim tanam akan lebih panjang di beberapa area. Temperatur pada musim dingin dan malam hari akan cenderung untuk meningkat.

Hewan dan tumbuhan menjadi makhluk hidup yang sulit menghindar dari efek pemanasan ini karena sebagian besar lahan telah dikuasai manusia. Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat. Akan tetapi, pembangunan manusia akan menghalangi perpindahan ini. Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atau selatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanian mungkin akan mati. Beberapa tipe spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah.

Tujuan

Tulisan ini mencoba menganalisa salah satu iklan yang ditayangkan oleh WWF yang berjudul “Stop Global Warming. Analisa akan mencakup siapa target audiens yang tepat sesuai dengan isinya, serta analisa rencana penayangannya yang sesuai dengan target audiens tersebut. Adapun iklan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Pembahasan

Pemeran

Iklan ini diperankan oleh Dua ekor beruang yaitu sang induk dan sang anak sebagai simbol alam dan lingkungan. Sang induk dan sang anak merasa tidak nyaman dan kebingungan karena tidak berada di habitatnya.

Setting Lokasi

Lokasi berada di perkotaan di mana banyak kendaraan dan orang berlalu lalang. selain itu juga lokasi syuting berada di tengah-tengah gedung bertingkat di mana hal tersebut mencirikan daerah perkotaan tepatnya daerah perkantoran.

Gaya Penyampaian Pesan

Gaya penyampaian pesan secara simbolik dengan menggunakan beruang yang saat awal disamarkan oleh sang sutradara iklan. Kemudian ternyata sang beruang berada di perkotaan yang bukan merupakan habitatnya. Hal ini menunjukkan bahwa manusia merusak alam dan mengakibatkan global warming.

Analisa

Target audiens

Dilihat dari iklan ini menunjukkan sasaran yang ingin dicapai adalah masyarakat di daerah perkotaan dengan target usia dewasa muda. Hal ini dapat dilihat dari daerah tempat pembuatan iklan dan kesibukkan kerja di daerah perkantoran. Iklan ini mengingatkan orang-orang untuk ikut peduli terhadap makhluk hidup di lingkungan sekitar dan tidak bersikap acuh tak acuh terhadap lingkungan kita sendiri.

Target Program Televisi

Dilihat dari analisa atas sasaran audiensnya, maka program tivi yang akan menjadi tempat tayangnya harus yang digemari oleh pria dan wanita dewasa muda, terutama yang ada didaerah perkotaan. Sebagai contoh, untuk pria dewasa muda di perkotaan adalah siaran musik, berita, olahraga, reality show dan bioskop tv. Untuk wanita dewasa muda di perkotaan adalah siaran musik, gossip, reality show, sinteron/drama dan bioskop tv.

Rancangan Program dan Biaya Penayangan

Dari pembahasan dan analisa di atas, maka berikut ini akan dipaparkan secara lebih detil tentang rancangan stasiun televisi, program siaran, frekuensi dan biaya penayangannya.

analisis biaya dapat didownload di sini

Penyusun:

Alvin Adrian             (0606099265)

Arafah                     (0706215455)

Daratia Junjun S    (0706215745)

Lamria Rouli M      (0706217214)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: